Kamis, 31 Juli 2025

Point Penting Kelola Bisnis Cuci Mobil Drive Thru




Bisnis cuci mobil sangat banyak diminati bagi para pebisnis terutama bagi pebisnis pemula, karena dengan kesibukan kebanyakan pemilik mobil maka akan memilih praktisnya untuk mencucikan mobilnya di tempat cuci mobil.

Bisnis cuci mobil disini ada yang masih berupa konvensional yaitu cuci busa yang masih dikelola secara manual. Diera diteknologi sekarang cuci mobil juga ada yang menggunakan sistem drive thru, dimana pengemudi tanpa harus turun dari mobilnya saat dicuci.


Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai point penting kelola bisnis cuci mobil drive thru.

Dalam mengelola bisnis cuci mobil drive thru tentunya ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan, diantaranya :

Operasional harian

Pelayanan
Tentunya dalam hal pelayanan pelanggan menjadi prioritas utama dalam pelaksanaan dilapangan, mulai dari pelayanan yang cepat, kebersihan tempat, kebersihan mobil pelanggan. Tentunya pelayanan ini juga tergantung dari jasa yang dibutuhkan yaitu cuci exterior, cuci interior dan paketan lainnya.

Effisiensi
Dalam pelayanan tentunya effisiensi karena konsep cuci mobil drive thru adalah cuci cepat, maka dari itu effisiensi dalam hal kecepatan pelayanan, dalam kolela antrian karena akan memakan banyak space tempat antrian mobil dan tentunya harus menghindari antrian yang lama.

Kebersihan
Kebersihan area cuci, ruang tunggu, termasuk juga kebersihan peralatan dan kelengkapan cuci juga harus terlihat bersih.

Persediaan
Ketersediaan stok kelengkapan cuci seperti sampo, pewangi, kain lap, pengkilap dan persediaan lainnya. Selain kelengkapan alat cuci juga tentunya persediaan yang bisa dijual, seperti kain lap, parfum mobil, atau sparepart ringan lainnya.

Pemasaran

Pemasaran
Pemasaran terkait bisnis yang dijalankan, selain brosur tentunya juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mencakup area yang lebih luas, sehingga saat ada pengemudi dari luar kota singgah maka akan memudahkan untuk mencari lokasi bisnisnya.
Selain itu juga promo promo yang menarik untuk menarik minat pelanggan, seperti diskon, paket murah, cuci 5x free 1x cuci atau promo lainnya.

Lokasi
Lokasi juga sangat penting bagi pebisnis cuci mobil drive thru terutama akses yang memudahkan untuk dijangkau pelanggan dan area parkir luas.

Keuangan

Pencatatan transaksi
Perlunya pencatatan transaksi harian secara rutin baik dari proses pencatatan transaksi pembelian kepihak supplier, pencatatan nota pada pelanggan, pencatatan biaya biaya operasional harian.
Sehingga memudahkan pemilik bisnis untuk mengetahui secara cepat dan tepat keuangan bisnisnys.

Laporan keuangan
Dari pencatatan harian operasional bisnis tentunya diharapkan adanya laporan keuangan yang dapat disajikan untuk management atau pemilik bisnis dapat menganalisa bisnisnya dalam periode tertentu dan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

Dalam hal mengelola keuangan bisnis tentunya pemilik bisnis harus juga ditunjang dengan program pembukuan digital, untuk memudahkan pencatatan transaksi harian operasional perusahaan, laporan laporan keuangan secara cepat dan tepat.


Sebagai rekomendasi program pembukuan digital yang bisa diimplementasikan ke perusahaan yang bergerak dibisnis pabrik cat adalah ACCURATE Online




Accurate Online merupakan program pembukuan yang memiliki modul sudah lengkap, saling terintegrasi antar modulnya dan sudah auto posting jurnal. Dengan demikian akan menghasilkan laporan laporan keuangan secara lengkap, update realtme cepat, tepat dan akurat.

Selain modul yang sudah lengkap Accurate Software sudah bisa integrasi dengan marketplace atau e-commers seperti bukalapak, tokopedia, shopee, lazada dan tiktok sehingga memudahkan bagi perusahaan untuk mengontrol penjualan ditoko online shop nya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program accurate software, permintaan presentasi produk baik secara visit maupun online, konsultasi versi accurate yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, langsung saja hubungi  Marketing Firdaus  sebagai partner resmi penjualan Accurate Software


081703354372


Firdaus merupakan salah satu marketing senior di accurate software yang sudah berpengalaman lebih dari 14 tahun menghandle berbagai jenis usaha baik itu perusahaan trading, jasa, distributor, grosir, retail, pekerjaan proyek, kontraktor bahkan hingga perusahaan manufaktur.

#accuratesurabaya #accuratejakarta #accuratebandung #accuratemedan #accuratesamarinda #accuratekalimantan #accuratebanjarmasin #accuratepalu #accuratemakassar #accurategorontalo #accuratentt #accuratentb #accuratebali #accuratejayapura #accuratetimorleste #accuratebima #accuratemalang #accurategresik #accuratesidoarjo


Selasa, 22 Juli 2025

Pentingnya Kelola Pembukuan bagi Perusahaan Produksi Cat dengan Pembukuan Digital Accurate Onlline








Perusahaan yang bergerak dibisang produksi cat sama halnya denngan perusahaan perusahaan manufaktur pada umumnya, ada roses produksi. Namun untuk perusahaan produksi cat yang masih berskala kecil tidak membutuhkan proses produksi yang rumit karena proses produksi lebih pada job order yaitu ada pesanan baru dilakukan proses produksi.
Biasanya permintaan pelannggan lebih ke customize dari segi warna jadi dibutuhkan adanya mix atau campuran dari beberapa bahan warna dasar untuk menghasilkan warna sesuai kebutuhan. Beda lagi jika warna dasar bisa diproduksi untuk menjadi stok sehingga saat dibutuhkan untuk proses mix tinggal digunakan sebagai bahan baku pencampuran untuk menghasilkan warna sesuai permintaan.

Sama halnya dengan bisnis pada umumnya, untuk perusahaan produksi cat dibutuhkan adanya pembukuan untuk mencatat kegiatan transaksi harian terutama terkait dengan stok bahan baku dan stok barang jadi serta inventaris perusahaan.

Masih banyak ditemukan kendala dalam kelola pembukuan khususnya dalam bisnis produksi cat, diantaranya adalah :
* Kelola persediaan mulai dari bahan baku dan barang jadi
* Kurangnya kontrol atas hutang dan piutang
* Kurangnya kontrol biaya perusahaan
* Laporan keuangan yang tidak update
* Pelporan perpajakan

Tentunya untuk memudahkan semua kendala diatas dibutuhkan ada program pembukuan digital.

Berikut pentingnya program pembukuan digital untuk perusahaan di bisnis produksi cat.

Kontrol persediaan
Perusahaan produksi pasti memiliki persediaan yang jumlahnya tidak sedikit, terutama untuk persediaan bahan baku, persediaan bahan jadi dan persediaan persediaan penunjang lainnya.
Kontrol persediaan disini mulai dari transaksi:
  • Pembelian, saat pencatatan penerimaan barang masuk dari supplier secara otomatis akan menambahkan stok di gudang
  • Proses produksi, dalam pencatatan proses produksi akan mencatat formula bahan baku apa saja yang akan diproses termasuk barang penunjang. Saat pencatatan produksi secara otomatis bahan baku digudang akan berkurang. Dan saat proses produksi finish maka stok persediaan barang jadi akan bertambah.
  • Penjualan, proses pengiriman barang sesuai order yang masuk dengan demikian stok persediaan barang jadi akan berkurang.

Kontrol piutang dan hutang
Dari awal proses terjadinya PO ke pihak supplier hingga terbit faktur pembelian dan pembayaran pembelian harus dicatat dalam program. Dari proses ini secara otomatis terintegrasi dengan stok gudang yang bertambah, dan hutang supplier akan secara otomatis akan muncul.
Sehingga dengan adanya proses pencatatan transaksi pembelian semua histori transaksi akan terekam dengan baik dan bisa disajikan kapan saja secara update realtime.

Demikian juga halnya dengan pencatatan transaksi penjualan, mulai pencatatan order SO dari pelanggan, pengiriman barang atau surat jalan, terbit faktur penjualan dan penerimaan penjualan akan tercatat secara rapi diprogram digital.

Kontrol biaya perusahaan
Biaya biaya perusahaan atau biaya operasional harian perusahaan harus tetap dicatat setiap ada transaksi pengeluaran kas dan bank nya. Hal ini bertujuan untuk kontrol skala prioritas biaya mana yang urgent dan biaya mana yang bisa ditunda pengeluarannya. Sehingga management perusahaan bisa menganalisa setiap periode tertentu pengeluaran apa saja yang sudah terjadi, dan keputusan apa yang diambil atas pengeluaran biaya biaya operasional tersebut.

Laporan keuangan
Proses transaksi di program digital sudah auto posting jurnal, jadi dari semua hasil input semua transaksi maka jurnal sudah otomatis terbentuk dan laporan laporan keuangan sudah update realtime. Laporan neraca, laba/rugi, arus kas, hutang dan pembelian, piutang dan penjualan, nilai persediaan dan nilai hpp barang jadi.

Laporan perpajakan
Jika perusahaan sudah PKP maka proses transaksi pembelian dan penjualan yang dikenakan pajak maka laporan ppn keluaran dan ppn masukan sudah bisa langsung keluar.
Dan untuk pelaporan pajak sudah sesuai dengan kebutuhan dari Dirjen Pajak tinggal diekspor dalam format xml dan langsung di apploud ke software pajak dari Dirjen Perpajakan Indonesia.

Demikian pentingnya adanya program pembukuan dalam menjalankan bisnis termasuk untuk bisnis produksi cat.

Sebagai rekomendasi program pembukuan digital yang bisa diimplementasikan ke perusahaan yang bergerak dibisnis pabrik cat adalah ACCURATE Online


Accurate Online merupakan program pembukuan yang memiliki modul sudah lengkap, saling terintegrasi antar modulnya dan sudah auto posting jurnal. Dengan demikian akan menghasilkan laporan laporan keuangan secara lengkap, update realtme cepat, tepat dan akurat.

Selain modul yang sudah lengkap Accurate Software sudah bisa integrasi dengan marketplace atau e-commers seperti bukalapak, tokopedia, shopee, lazada dan tiktok sehingga memudahkan bagi perusahaan untuk mengontrol penjualan ditoko online shop nya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program accurate software, permintaan presentasi produk baik secara visit maupun online, konsultasi versi accurate yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, langsung saja hubungi  Marketing Firdaus  sebagai partner resmi penjualan Accurate Software


081703354372


Firdaus merupakan salah satu marketing senior di accurate software yang sudah berpengalaman lebih dari 14 tahun menghandle berbagai jenis usaha baik itu perusahaan trading, jasa, distributor, grosir, retail, pekerjaan proyek, kontraktor bahkan hingga perusahaan manufaktur.

#accuratesurabaya #accuratejakarta #accuratebandung #accuratemedan #accuratesamarinda #accuratekalimantan #accuratebanjarmasin #accuratepalu #accuratemakassar #accurategorontalo #accuratentt #accuratentb #accuratebali #accuratejayapura #accuratetimorleste #accuratebima #accuratemalang #accurategresik #accuratesidoarjo

Senin, 07 Juli 2025

Pentingnya Pembukuan Bisnis Toko Sepeda dengan Accurate Online



Dalam menjalankan bisnis toko sepeda tergantung dari pemilik bisnis jenis bisnis yang bagaimana yang akan dijalankan. Apakah hanya menjual unit saja, atau sekalian dengan spare part, aksesoris dan sekaligus bengkel. Bagi pemilik bisnis yang kuat dimodal tentunya akan memiliki toko yang lengkap, mulai dari penjualan unit sepeda, spare part dan aksesoris dan sekaligs juga bengkel sepeda.

Jika dalam kelola bisnis toko sepeda lengkap tentunya harus ada kontrol dan kelola pembukuan yang rapi karena menyangkut ada beberapa divisi yaitu penjualan unit, divisi penjualan spare part dan aksesoris serta divisi bengkel.

Masih banyak pemilik bisnis toko sepeda yanng masih menggunakan pembukuan tokonya masih secara manual, ada beberapa alasan diantaranya adalah :
* bisnis masih dikelola keluarga sendiri
* bisnis masih berskala kecil
* karyawan hanya sebatas tenaga kasar saja
* tidak memiliki tenaga ahli dibagian accounting
* belum membutuhkan laporan keuangan lengkap

Untuk bisnis yang memiliki multi divisi, dan sudah mulai berkembang bisnisnya sebenarnya sudah saatnya menggunakan program pembukuan digital. 
Program pembukuan digital ini sebenarnya tidak dibutuhkan tenaga ahli dibidang accounting maupun tenaga ahli dibidang komputer, karena denngan adanya pembukuan digital sudah memudahkan pekerjaan administrasi perusahaan, karena tingaal melakukan input transaksi harian jurnal akuntansi sudah otomatis karena program pembukuan digital sudah auto posting.

Berikut pentingnya pembukuan untuk bisnis toko sepeda

Pencatatan transaksi harian
Pencatatan disini meliputi pembuatan nota baik untuk pembelian unit sepeda, aksesoris, sparepart maupun bengkel perbaikan sepeda. Dan juga pencatatan transaksi pembelian pada pihak supplier terkait stok kebutuhan toko.
Selain itu juga pencatatan atas biaya operasional perusahaan mulai dari biaya harian, gaji karyawan, biaya listrik dan biaya biaya lainnya.

Pengendalian keuangan
Sebagai kontrol atas keuangan perusahaan, jadi dari awal sudah bisa terdeteksi jika ada kemungkinan terjadinya masalah keuangan, mencegah terjadinya kerugian. Management bisa melakukan kontrol atas biaya mana yang penting dan biaya mana yang bisa ditunda.

Pengambilan keputusan
Dengan adanya program pembukuan digital maka akan menghasilkan laporan laporan keuangan lengkap, misalkan seperti neraca, laba/rugi, arus kas, perubahan modal, hutang, piutang dan laporan laporan keuangan lainnya.
Dengan laporan keuangan tersebut maka akan memberikan informasi keuangan yang akurat kepada pihak management perusahaan atau pemilik bisnis untuk pengambilan keputusan yang tepat untuk bisnis yang dijalankannya. 

Kepatuhan pajak
Dengan adanya program pembukuan semua proses pencatatan transaksi penjualan dan pembelian yang dikenakan pajak, maka akan menghasilkan data untuk pelaporan perpajakan yang akurat dan tentunya sudah sesuai dengan perpajakan Indonesia.


Pemantauan kinerja
Dari proses pencatatan transaksi yang dilakukan oleh user semua akan terekam dari hasil apa yang sudah diinput dan pembatasan akses sesuai dengan jobdesk dari masing masing user karyawan, sehingga dapat memantau kinerja karyawan dan mengidentifikasi apa saja yang perlu ditingkatkan. 

Kebutuhan tambahan dana
Dengan pembukuan digital maka akan menghasilkan laporan keuangan yang lengkap, jika kedepan membutuhan tambahan dana atau modal maka laporan keuangan bisa dijadikan sebagai bahan literasi untuk diajukan kepihak ketiga seperti bank, pemilik modal atau rekanan bisnis 


Dengan melakukan pembukuan yang baik bisnis toko sepeda dapat beroperasi dengan baik, mengelola bisnis menjadi lebih efektif dan effisien, kelola keuangan bisnis dengan lebih baik untuk mencapai bisnis sesuai harapan berkembang pesat.

Demikian kenapa pentingnya pembukuan bisnis toko sepeda. Untuk menunjang kegiatan pembukuan digital tersebut diatas untuk itu kami rekomendasikan program pembukuan digital terbaik adalah ACCURATE Online.


Accurate Online merupakan program pembukuan yang memiliki modul sudah lengkap, saling terintegrasi antar modulnya dan sudah auto posting jurnal. Dengan demikian akan menghasilkan laporan laporan keuangan secara lengkap, update realtme cepat, tepat dan akurat.

Selain modul yang sudah lengkap Accurate Software sudah bisa integrasi dengan marketplace atau e-commers seperti bukalapak, tokopedia, shopee, lazada dan tiktok sehingga memudahkan bagi perusahaan untuk mengontrol penjualan ditoko online shop nya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program accurate software, permintaan presentasi produk baik secara visit maupun online, konsultasi versi accurate yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, langsung saja hubungi 
Marketing Firdaus  sebagai partner resmi penjualan Accurate Software


081703354372


Firdaus merupakan salah satu marketing senior di accurate software yang sudah berpengalaman lebih dari 14 tahun menghandle berbagai jenis usaha baik itu perusahaan trading, jasa, distributor, grosir, retail, pekerjaan proyek, kontraktor bahkan hingga perusahaan manufaktur.

#accuratesurabaya #accuratejakarta #accuratebandung #accuratemedan #accuratesamarinda #accuratekalimantan #accuratebanjarmasin #accuratepalu #accuratemakassar #accurategorontalo #accuratentt #accuratentb #accuratebali #accuratejayapura #accuratetimorleste #accuratebima #accuratemalang #accurategresik #accuratesidoarjo





Minggu, 06 Juli 2025

Mudahnya Kelola Bisnis Phetshop dengan Program Pembukuan Accurate Online






Bisnis petshop disetiap jalan dimanapun pasti akan menemukan toko retail petshop, bisnis petshop ini sebenarnya sama dengan bisnis retail toko pada umumnya hanya saja untuk produk yang dijual berupa produk khusus untuk kebutuhan anabul.
Bermacam jenis produk mulai dari pakan, vitamin, aksesoris, obat obatan termasuk juga jika itu petshop yang besar bisa jadi lengkap dengan perawatan anabul. Tergantung dari konsep bisnis yang dijalankannya.

Dengan banyaknya jenis produk yang dijual dan juga dari berbagai merek atau pabrikan tentunya membuat para pebisnis banyak kesulitan dalam mengelola bisnisnya.

Ada beberapa kendala yang sering dihadapi oleh pelaku bisnis di toko retail petshop, diantaranya :

* Kesulitan dalam kelola stok. Semakin berkembang bisnis tentunya akan semakain banyak jenis produk dan merek yang dijual akan membuat kuwalahan dalam melakukan kontrol stok, cek stok, letak stok, harga beli dan harga jual produk.

 * Tidak mengetahui pendapatan asli bisnis. Tidak mengetahui secara detail berapa hpp dan keuntungan dari pendapatan bisnis hariannya karena tidak tercatatnya secara rapi transaksi pembelian, penjualan. Sehingga kesulitan dalam menghitung apakah bisnis untung atau rugi.

* Kurangnya kontrol atas biaya. Menganggap remeh pengeluaran pengeluaran operasional harian meskipun nominalnya kecil dengan tidak mencatat secara rapi.

* Tidak memiliki pembukuan dan laporan keuangan secara berkala.
Dan masih banyak kendala kendala lainnya.

Itulah beberapa kendala yang sering dihadapi oleh para pelaku bisnis khususnya untuk bisnis retail toko petshop.


Untuk menghindari kendala kendala tersebut diatas tentunya dalam menjalankan bisnis petshop dibutuhkan adanya program pembukuan digital. 
Sebagai rekomendasi program pembukuan terbaik untuk bisnis retail toko petshop adalah ACCURATE ONLINE.



Accurate Online merupakan program pembukuan yang memiliki modul sudah lengkap, saling terintegrasi antar modulnya dan sudah auto posting jurnal. Dengan demikian akan menghasilkan laporan laporan keuangan secara lengkap, update realtme cepat, tepat dan akurat.

Selain modul yang sudah lengkap Accurate Software sudah bisa integrasi dengan marketplace atau e-commers seperti bukalapak, tokopedia, shopee, lazada dan tiktok sehingga memudahkan bagi perusahaan untuk mengontrol penjualan ditoko online shop nya.

Bagaimana Accurate Online dapat mengatasi kendala kendala diatas, berikut penjelasannya :

Mudahnya kelola stok
Accurate Online memiliki modul yang sudah lengkap termasuk modul persediaan, modul pembelian dan modul penjualan.
Saat proses pencatatan pembelian secara otomatis stok digudang akan bertambah sesuai barang datang dari supplier. Selain itu juga hutang perusahaan pada pihak supplier akan tersajikan. Dari harga beli yang diinput akan menjadi dasar dalam penentuan nilai HPP per itemnya.
Saat proses penjualan secara otomatis stok digudangberkurang dan pendapatan akan bertambah, serta kas dan banknya bertambah sesuai pembayaran dari pelanggan.
Dari proses penjualan tentunya akan secara otomatis mengetahui laba per itemnya.

Mengetahui laba per item
Metode persediaan di accurate online ada 2 yaitu avregae dan FIFO tergantung kebijakan perusahaan, dengan demikian HPP per item akan otomatis keluar begitu juga dengan laba per itemnya. Jadi akan diketahui apakah barang yang dijual untung atau rugi.

Sebagai kontrol biaya
Dengan adanya modul kas dan bank akan dengan mudah mencatat biaya biaya operasional harian bisnis dan pendapatan harian bisnis, dengan demikian akan mudah mengontrol uang kas dan bank dan mengentrol biaya mana yang urgent dan biaya mana yang bisa ditunda.

Laporan keuangan dan perpajakan update realtime
Dengan accurate onlien yang sudah auto posting jurnal maka laporan laporan keuangan dapat disajikan secara update realtime, cepat, tepat dan akurat.

Itulah sekilas informasi terkait mudahnya kelola bisnis petshop dengan program pembukuan accurate online. Dengan artikel ini semoga menjadi referensi bagi para pebisnis dalam menentukan program pembukuan terbaik untuk diaplikasikan dalam bisnisnya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program accurate software, permintaan presentasi produk baik secara visit maupun online, konsultasi versi accurate yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, langsung saja hubungi Marketing Firdaus sebagai partner resmi penjualan Accurate Software


081703354372


Firdaus merupakan salah satu marketing senior di accurate software yang sudah berpengalaman lebih dari 14 tahun menghandle berbagai jenis usaha baik itu perusahaan trading, jasa, distributor, grosir, retail, pekerjaan proyek, kontraktor bahkan hingga perusahaan manufaktur.


Toko Sembako Salah Satu Bisnis UMKM yang Banyak Diminati



UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) merupakan jenis usaha yang dikelola oleh perorangan atau badan usaha perorangan yang memiliki kriteria tertentu dalam hal modal dan omset penjualannya. Untuk bisnis UMKM ini dalam kalangan bisnis menengah kebawah.

Banyak jenisnya bisnis dikategorikan sebagai usaha UMKM, salah satunya adalah bisnis toko sembako atau toko kelontong. Binsis toko sembako banyak diminati bagi kalangan menengah kebawah, karena bisnis sembako disini barang yang diperdagangkan adalah kebutuhan sehari hari atau kebutuhan pokok. Seperti beras, minyak goreng, telur, gula dan kebutuhan kebutuhan pokok lainnya.

Dalam menjalankan bisnis UMKM toko sembako tidak luput dari adanya transaksi penjualan pada pelanggan, transaksi pembelian pada supplier, kontrol akan stok persediaan, bahkan pada biaya biaya atau pencatatan keluar masuk nya uang kas harian.

Pada faktanya dilapangan banyak toko sembako yang dalam kelola bisnisnya masih secara manual. Contohnya ada pembeli belanja atas beberapa item, hanya dicatat dikertas kemudian ditotal, selesai pembayaran kertas dibuang begitu saja.
Atau ada sales dari supplier menawarkan barang, dibeli langsung dibayar selesai.
Hal semacam ini yang tidak disadari bagi para pelaku bisnis UMKM terutama dalam bisnis toko sembako dapat menimbulkan banyak kecurangan atau fraud, contohnya :
  • kecurangan masalah keuangan
  • banyaknya barang yang hilang tidak terkontrol
  • tiba tiba stok kosong, ketahuan saat ada pembeli barang yang diminta habis
  • kurang kontrol stok, hanya mengandalkan sales datang menawarkan barang
  • tidak tahu bisnisnya untung atau malah rugi, yang penting ada uang cash
Kejadian kejadian seperti diatas masih banyak dihadapi dilapangan hal ini dikarenakan masih kurangnya pengetahun akan pentingnya pembukuan dalam mengelola bisnis terutama untuk bisnis UMKM toko sembako.


Meskipun bisnis yang dijalankan masih merupakan bisnis perorangan yang dikelola oleh keluarga sendiri dan bisa dibilang masih berskala kecil. Namun untuk pembukuan sangatlah penting untuk tetap diterapkan apapun bisnis UMKM yang dijalankan. Karena tidak menutup kemungkinan bisnis akan menjadi semakin besar, membuka cabang dilokasi lain, barang semakin banyak, maka sangatlah dibutuhkan adanya pembukuan untuk bisnis toko sembako.

Apa manfaat pembukuan bagi UMKM toko sembako

Kontrol keuangan
Kontrol keuangan dalam membantu pelaku bisnis UMKM dalam mengontrol pengeluaran biaya biaya maupun pemasukan. Dengan demikian pemilik usaha dapat  emengetahui arus kas, mengontrol pengeluarn mana yang penting atau tidak sesuai skala prioritas.

Meminimalisir resiko
Dengan adanya pembukuan dapat meminimalisir adanya resiko yang telah disebutkan diatas. Seperti dapat mengontrol persedian, sehingga mencegah terjadinya kecurangan, kontrol biaya sehingga semua pengeluaran dan pemasukan lebih terkontrol. Stok lebih terkontrol dapat diketahui barang mana yang harus segera order ulang, barang mana yang tidak bergerak.

Pengambilan keputusan
Memudahkan bagi pemilik usaha dalam pengambilan keputusan, seperti penentuan harga jual. Bisnis untung atau rugi dapat segera dianalisa tindakan apa yang tepat untuk segera diambil tindakan. Pengembangan produk sebagai produk alternatif, atau bahkan untuk pengambilan keputusan apakah perlu mengembangkan bisnis untuk buka cabang atau membuka bisnis baru. 

Penambahan modal
Dengan adanya pembukuan akan memudahkan pemilik bisnis dalam hal mencari tambahan modal baik dari perbankan atau dari pemilik modal besar, dengan adanya pembukuan maka semua laporan pembukuan akan tercatat secara rapi. Dari laporan laporan keuangan tersebut bisa dijadikan sebagai dasar untuk pengajuan permodalan.

Perencanaan keuangan
Sebagai dasar dalam pengambilan keputusan terutama untuk perencanaan keuangan bisnis, keputusan apa yang akan diambil apakah menambah produk alternatif, menambah produk baru atau apakah diperlukan untuk membuka cabang baru atau membuat bisnis baru. 

Peningkatan kepercayaan
Dengan adanya pembukuan yang rapi tentunya akan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan atau supplier atau pihak pihak lain yang terlibat dalam bisnis toko sembako.


Untuk mencapai semua itu dibutuhkan adanya pembukuan yang dapat menunjang bisnis UMKM toko sembako.
Sebagai rekomendasi program pembukuan yang tepat untuk bisnis UMKM terutama untuk UMKM toko sembako adalah Accurate Online.




Accurate Online merupakan program pembukuan yang memiliki modul sudah lengkap, saling terintegrasi antar modulnya dan sudah auto posting jurnal. Dengan demikian akan menghasilkan laporan laporan keuangan secara lengkap, update realtme cepat, tepat dan akurat.

Selain modul yang sudah lengkap Accurate Software sudah bisa integrasi dengan marketplace atau e-commers seperti bukalapak, tokopedia, shopee, lazada dan tiktok sehingga memudahkan bagi perusahaan untuk mengontrol penjualan ditoko online shop nya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program accurate software, permintaan presentasi produk baik secara visit maupun online, konsultasi versi accurate yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, langsung saja hubungi 
Marketing Firdaus  sebagai partner resmi penjualan Accurate Software


081703354372


Firdaus merupakan salah satu marketing senior di accurate software yang sudah berpengalaman lebih dari 14 tahun menghandle berbagai jenis usaha baik itu perusahaan trading, jasa, distributor, grosir, retail, pekerjaan proyek, kontraktor bahkan hingga perusahaan manufaktur.

#accuratesurabaya #accuratejakarta #accuratebandung #accuratemedan #accuratesamarinda #accuratekalimantan #accuratebanjarmasin #accuratepalu #accuratemakassar #accurategorontalo #accuratentt #accuratentb #accuratebali #accuratejayapura #accuratetimorleste #accuratebima #accuratemalang #accurategresik #accuratesidoarjo

Kamis, 03 Juli 2025

Lebih Menguntungkan Program ERP atau Program Pembukuan untuk Diimplementasikan dalam Bisnis




Dalam menjalankan bisnis tentunya akan banyak dihadapi dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat begitu juga dalam penerapan program akuntansi untuk diimplementasikan dalam bisnisnya. 
Ada beberapa pilihan bagi pebisnis dalam menentukan program tersebut, diantaranya yaitu Software ERP (Enterprise Resource Planning) dan Software Accounting.

Secara garis besar tentunya tujuan dengan adanya program tersebut untuk memudahkan para pebisnis dalam menjalankan bisnisnya untuk pencatatan operasional kegiatan perusahaan. Namun meskipun memiliki beberapa kemiripan terutama dalam fungsional tentunya tetap ada perbedaan antara software ERP dan software accounting, tergantung kebutuhan sampai sejauhmana kebutuhan perusahaan dalam mengimplementasikan software yang akan diterapkan di perusahaan.

Berikut sekilas perbedaan software ERP dan software accounting

Software ERP
Software ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan perangkat lunak atau sebuah software bisa terintegrasi dengan semua divisi yang ada di perusahaan untuk menunjang segala kebutuhan perusahaan dari mengelola proses bisnis, operasional dan managemen perusahan  termasuk juga dalam mengelola sumber daya manusia (SDM).

Jadi ERP ini selain untuk pencatatan operasional kegiatan sehari hari perusahaan juga termasuk dalam mengelola managemen perusahaan, perencanaan, mengelola sumber daya, analisa inventaris perusahaan, akuntansi perusahaan dan kebutuhan lainnya, dimana dari semua kebutuhan perusahaan tersebut terintegrasi dalam 1 software secara otomatis.

Sistem ERP masih bisa dicustomize atau dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan tergantung dari bisnis yang dijalankan baik untuk perusahaan retail, manufaktur, proyek, jasa dan bisnis lainnya. Dari sini sudah pasti mengenai biaya untuk software ERP tentunya sangat mahal karena bisa menjangkau semua divisi dan tentu juga masih bisa dicutomize sesuai kebutuhan perusahaan.

Sistem ERP ini memiliki beberapa manfaat, yaitu
  • Mengurangi terjadinya human error
  • Membuat pekerjaan jadi lebih mudah dan cepat
  • Memberikan informa informasi penting untuk perusahaan
  • Memberikan solusi terhadap berbagai jenis isu terkait konsumen
  • Meningkatkan produktifitas bisnis

Software Akuntansi
Merupakan perangkat lunak atau program yang dirancang khusus untuk memudahkan pekerjaan keuangan, pencatatan transaksi harian baik penjualan maupun pembelian, kelola stok persediaan, pencatatan biaya operasional, pembuatan laporan keuangan sebagai bahan untuk analisa data sehingga dapat menghasilkan sebuah keputusan keputusan penting bagi perusahaan. 
Dimana software sudah memiliki modul yang sudah saling terintegrasi sehingga perusahaan dapat melacak transaksi harian dengan mudah, data yang terdokumentasi.

Fungsi utama dari software akuntansi lebih fokus pada aspek berikut :

Pencatatan transaksi
Proses pencatatan transaksi harian mulai dari pembelian, penjualan, biaya biaya, keluar masuk kas dan bank. Dengan semikian akan dengan mudah melacak transaksi dan histori dari transaksi yang telah diinput.

Pembuatan laporan
Laporan keuangan akan dengan cepat tersajikan karena software akuntansi sudah auto posting jurnal, sehingga dari semua proses pencatatan transaksi laporan laporan keuangan lengkap bisa disajikan sebagai analisa data sehingga dapat dengan cepat mengambil keputusan terbaik dalam bisnis.
Laporan neraca, laporan laba/rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal, laporan piutang, laporan hutang, laporan omset dan masih banyak laporan laporan lainnya.

Pengelolaan pembayaran
Dengan software accounting semua proses piutang dan hutang perusahaan akan dengan mudah dikontrol mulai dari kapan jatuh tempo piutang ataupun hutang, mengatur pembayaran hutang maupun penerimaan piutang masuk atau keluar melalui kas atau bank.

Pelaporan pajak
Selain laporan laporan keuangan perusahaan software accounting juga dapat menyajikan laporan perpajakan sesuai dengan aturan pajak terbaru. Sehingga dapat dengan mudah dalam pelaporannya.

Software jadi
Software jadi disini maksudnya adalah software accounting kebanyakan software yang sudah jadi dan tinggal dipakai, jadi sudah tidak bisa dicustomize lagi.
Software accounting lebih banyak digunakan bagi perusahaan menengah kebawah atau UMKM yang lebih banyak membutuhkan program pembukuan.
Untuk harga relatif lebih terjangkau, mudah dalam penggunaan, tidak harus mahir dalam akuntansi dan komputer IT.


Nah dari pemaparan perbedaan antara software ERP dan software accounting dapat diambil kesimpulan software mana yang lebih menguntungkan untuk diimplementasikan kedalam bisnis. Itu semua tergantung pada kebutuhan perusahaan sampai sejauh mana kebutuhannya apakah hanya untuk kebutuhan akuntansi saja atau kebutuhan lengkap hingga kemanagement perusahaan.

Pastikan jangan salah dalam menentukan software apa yang tepat bagi bisnis Anda.



Rabu, 02 Juli 2025

Cara Melakukan Tukar Guling Barang Pembelian di Accurate Online



Banyak istilah dalam bisnis untuk proses tikar barang baik itu dengan pihak customer maupun dengan pihak supplier ada disebut dengan retur barang, ada juga disebut dengan tukar guling, itu semua tergantung alasan kenapa harus ditukar barangnya. 
Banyak alasan kenapa harus dilakukan tukar barang, diantaranya :
* bisa karena barang yang dikirim tidak sesuai pesanan
* barang yang dikirim rusak
* salah order
* ganti merk dengan harga yang sama
* dan banyak alasan alasan lainnya

Bagaimana menyikapi kejadian tersebut di Accurate Online apa yang harus dilakukan.

Perlakuan pencatatan di accurate online tergantung kasus yang terjadi dan kebijakan dari perusahaan karena tidak semua perlakuan tukar barang dilakukan sama.

Berikut beberapa kasus tukar barang dan pencatatannya di Accurate Online

Barang yang dikirim tidak sesuai pesanan PO
Untuk kasus barang yang dikirim tidak sesuai pesanan tentunya barang harus ditukarkan kepihak pengirim baik diposisi sebagai penjual maupun pihak pemasok. Jadi barang yang diterima dikembalikan dan menunggu barang baru dikirim ulang sesuai orderan.

Pencatatan di accurate online :
Cek order baik di purchase order, apakah sesuai barang yang dikirim
Jika tidak sesuai karena salah kirim barang maka prosesnya dilakukan tidak perlu adanya pencatatan di accurate onlinenya. Barang yang diterima diinput di Penerimaan Barang sesuai PO yang sudah diterbitkan.
Untuk barang yang tidak sesuai langsung dikembalikan ke pihak kurirnya, tinggal tunggu pengiriman barang sesuai order yang belum dikirim pihak supplier

Barang yang dikirim rusak
Untuk kasus barang yang dikirim dari pihak supplier namun setelah diterima ketahuan rusak, 

Maka yang pencatatan di accurate online :
Karena barang diterima sudah sesuai PO dan ketahuan barang rusak maka tetap diproses penerimaan barang sesuai PO termasuk barang yang rusak.
Selanjutnya diproses Retur Pembelian atas barang yang rusak tersebut, retur bisa langsung dikembalikan pada kurirnya atau setelah terima barang.
Tinggal diproses PO ulang atas barang yang sudah diproses retur tersebut.

Salah order barang
Jika terjadi salah order barang, itu berarti kesalahan ada dipihak pengorder, tergantung kebijakan perusahaan dan kebijakan pihak supplier, barang tersebut diterima atau bernegosiasi dengan pihak supplier apakah bisa dikembalikan untuk ditukar barang baru.

Maka pencatatan di accurate online :
Jika diterima atas barang yang salah order maka penerimaan barang disesuaikan dengan barang yang diterima meskipun tidak sesuai dengan PO nya.
Jika pihak supplier bersedia untuk dikembalikan maka dilakukan proses pencatatan retur pembelian atas barang yang salah tersebut.

Itulah gambaran bagaimana menyikapi atas terjadinya tukar barang di accurate online, jadi apa yang akan dicatat di program disesuaikan dengan kondisi dilapangan tergantung kejadiannya. Dan kembali lagi semua pada kebijakan perusahaan.

Semoga artikel ini bisa menjadi masukan bagi para pelaku usaha jika menghadapi kejadian kejadian dilapangan dan bagaimana pencatatan yang sebenarnya yang harus dilakukan di program accurate online.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait produk accurate software, permintaan presentasi baik secara visit maupun online, dan pembelian program accurate melalui kantor resmi marketing accurate

Untuk informasi lebih lanjut terkait produk accurate software, langsung saja hubungi

  
        

Telp/whatsapp : 081703354372
Instagram : @softwarepembukuan_konsultan
website : https://softwareakuntansi-surabaya.blogspot.com/
Sudah berpengalaman 14 tahun lebih sebagai marketing senior penjualan accurate software
Banyak sudah menghandle perusahaan yang bergerak di bisnis dagang, jasa, distributor, proyek, kontraktor dan perusahaan manufaktur produksi diseluruh wilayah di Indonesia seperti Surabaya, Malang, Gresik, Sidoarjo, Jakarta, Samarinda, Bandung, Bali, Palu, Papua dan wilayah kota lainnya hingga ke Negara Timor Leste

#accuratesurabaya #accuratejakarta #accuratebandung #accuratemedan #accuratesamarinda #accuratekalimantan #accuratebanjarmasin #accuratepalu #accuratemakassar #accurategorontalo #accuratentt #accuratentb #accuratebali #accuratejayapura #accuratetimorleste #accuratebima #accuratemalang #accurategresik #accuratesidoarjo