Kamis, 27 Maret 2025

Menampilkan Info Lain Peritem di Cetakan Transaksi Accurate Online


Desain cetakan di Accurate Online merupakan salah satu fitur yanng bisa di modifikasi sesuai kebutuhan, namun modifikasi tetap terbatas selama di accurate masih terakomodir field field apa saja yang dibutuhkan.

Artikel kali ini akan membantu bagaimana pengguna accurate online memodifikasi laporan terutama untuk menampilkan info tambahan per item di form cetakan transaksi.

Apa saja yang harus di setting, ikuti langkah berikut

Tentukan form formulir apa yang akan dimodifikasi, misalkan menambahkan informasi info lain per item di form penawaran penjualan.

Selanjutnya klik Pengaturan => Klik Preferensi => Atribut Tambahan



Dibagian atribut tambahan, tentukan field apa yang akan ditambahkan. Jika selesai ditambahkan Field nya klik SIMPAN.



Selanjutnya masuk ke transaksinya yang akan dimodifikasi, misalkan Penawaran Penjualan.
Kemudian klik Desain Formulir dikanan atas gambar gear.
Cari field yang sudah ditambahkan sebelumnya, klik Rincian, dan pastikan kolom Tabel posisi Aktif



Setelah semua langkah diatas sudah disetting selanjutnya masuk ke setting Desainnya.
Pengaturan => Desain Cetakan. Pilih desain mana yg akan ditambahkan Field barunya => Desain
Klik tanda + -> Klik Variabel -> klik Tambah
Atur posisi kolom sesuai kebutuhan di rincian per item
Klik 1x kolom baru, disisi kanan Expression klik kolom dan cari rumus sesuai kebutuhan atas field yg baru ditambahkan. Misal $F{quotationDetail.charField1}
Klik Simpan, Close




Selanjutnya tinggal buat transaksi sesuai modifikasi desannya.
Buka penawaran, masukkan data pelanggan seperti biasa,
Disaat memasukkan item barangnya, Klik Info Lain maka akan muncul kolom FIELD yang sudah ditambahkan sebelumnya.
Kolom info lain ini pengisiannya per item
Berikut preview atas transaksi Penawaran Penjualan yang sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan.


Demikian contoh cara setting dan modifikasi rancangan form, cara setting diatas berlaku untuk semua model tamplate rancangan yang ada di accurate online.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program accurate software, permintaan presentasi produk baik secara visit maupun online, konsultasi versi accurate yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, langsung saja hubungi Marketing Firdaus 
sebagai partner resmi penjualan Accurate Software


081703354372


Firdaus merupakan salah satu marketing senior di accurate software yang sudah berpengalaman lebih dari 14 tahun menghandle berbagai jenis usaha baik itu perusahaan trading, jasa, distributor, grosir, retail, pekerjaan proyek, kontraktor bahkan hingga perusahaan manufaktur.








 

Rabu, 12 Maret 2025

Mudahnya Kelola Pembukuan Bisnis Desain Interior Dengan Accurate Online



Perusahaan yang bergerak di desain interior merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa jadi tidak menjual barang persediaan, akan tetapi berupa jasa sebagai nonpersediaan. 
Kaitannya dengan kelola pembukuan bagi perusahaan desain interior harus bisa memahami kebutuhan akan clientnya, mengatur anggaran dan memastikan proyek selesai sesuai dengan rencana. Karena itulah penting sekali punya strategi pengelolaan keuangan yang tepat agar bisnis desain interior bisa berjalan dan memberikan keuntungan bagi perusahaan. 

Perusahaan jasa desain interior masih banyak yang belum menggunakan pembukuan, adapun beberapa yang menjadi alasan adalah :
  1. Bisnis masih dikelola sendiri
  2. Tidak menguasai pembukuan.akuntansi bisnis
  3. Tidak membutuhkan laporan keuangan lengkap
  4. Belum PKP

Dalam mengelola bisnis tidak harus menunggu perusahaan menjadi besar, karena semua pebisnis pasti berharap bisnisnya semakin besar dan omset meningkat. Seharusnya kelola pembukuan dengan baik dan benar dimulai sejak mulai merintis bisnis.

Kelola pembukuan bisnis desain interior tentunya akan sangat memudahkan jika menggunakan program pembukuan digital. Dengan pembukuan digital maka kesulitan yang selama dihadapi akan memudahkan, karena dengan pembukuan digital tidak harus menguasai akuntansi, tinggal input dan semua lapporan keuangan langsung bisa disajikan.

Program pembukkuan digital yang tepat untuk digunakan di bisnis desain interior adalah Accurate Online. 
Accurate Online merupakan program pembukuan yang memiliki modul sudah lengkap, saling terintegrasi antar modulnya dan sudah auto posting jurnal. Dengan demikian akan menghasilkan laporan laporan keuangan secara lengkap, update realtme cepat, tepat dan akurat.



Bagaimana kelola pembukuan bisnis desain interior di accurate online

Buat proyek
Tentunya setelah sepakat dengan kontrak maka tinggal diinput nama proyek pekerjaannya dengan menambahkan nama proyek di accurate onlinenya. Setiap ada pekerjaan proyek pastikan selalu dibuat nama proyek baru.

Terima order
Terima order disini dalam arti client sepakat untuk menggunakan jasa Anda sesuai dengan kesepakatan kontrak dan nilai kontraknya serta berapa kali penagihan sesuai progres pekerjaan.
Untuk mensiasati progres penagihan berupa termin maka dalam sales order dibuatkan item jasa sesuai dengan jumlah termin yang disepakati. 

Penagihan
Penagihan tentunya berupa transaksi pembuatan invoice faktur penjualan dengan mengacu pada sales order sebelumnya.
proses penagihan disini sesuai progres penagihan dalam transaksi order sebelumnya.

Pengadaan barang
Pengadaan barang disini berarti pihak perusahaan melakukan pembelian atas barang sesuai dengan kebutuhan proyek.
Saat melakukan transaksi pembelian barang pastikan transaksi tersebut dialokasikan untuk kebutuhan proyek mana.

Dan disaat barang tersebut akan digunakan dalam pekerjaan proyek maka dilakukan proses adjusment atas barang yang dikeluarkan, sehingga stok persediaan akan berkurang sesuai barang yang dikeluarkan.

Pencatatan biaya
Setiap transaksi pengeluaran biaya biaya juga dipastikan biaya tersebut dikeluarkan untuk pekerjaan proyek mana.

Laporan keuangan
Dari hasil semua transaksi diatas pastikan selalu dialokasikan pada pekerjaan proyeknya, dengan demikian laporan laporan keuangan akan bisa didisajikan laporan per proyeknya.
Hinggan laporan keuangan laba/rugi per proyek akan otomatis update realtime.


Itulah proses pencatatan pembukuan untuk perusahaan yang bergerak di bisnis desain interior, akan dengan mudah jika menggunakan program digital Accurate Online.


Accurate Online merupakan program pembukuan yang memiliki modul sudah lengkap, saling terintegrasi antar modulnya dan sudah auto posting jurnal. Dengan demikian akan menghasilkan laporan laporan keuangan secara lengkap, update realtme cepat, tepat dan akurat.

Selain modul yang sudah lengkap Accurate Software sudah bisa integrasi dengan marketplace atau e-commers seperti bukalapak, tokopedia, shopee, lazada dan tiktok sehingga memudahkan bagi perusahaan untuk mengontrol penjualan ditoko online shop nya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program accurate software, permintaan presentasi produk baik secara visit maupun online, konsultasi versi accurate yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, langsung saja hubungi Marketing Firdaus 
sebagai partner resmi penjualan Accurate Software


081703354372


Firdaus merupakan salah satu marketing senior di accurate software yang sudah berpengalaman lebih dari 14 tahun menghandle berbagai jenis usaha baik itu perusahaan trading, jasa, distributor, grosir, retail, pekerjaan proyek, kontraktor bahkan hingga perusahaan manufaktur.








Senin, 10 Maret 2025

Kelola Pembukuan Sales Kanvas mudah dengan Accurate Online dan Accurate Lite








Perusahaan dibisnis perdagangan umumnya memiliki salesman atau sales kanvas yang selalu mobile langsung bertemu dengan pelanggan. Tentunya membutuhkan informasi yang cepat terkait stok barang yang dimiliki termasuk juga proses ordernya, karena jika tidak dengan cepat diproses kemungkinan pelanggan akan hilang karena beralih pada pesaing yang selalu ready stok dan proses cepat.

Untuk menunjang kinerja salesman lapangan yang selalu mobile tentunya harus didukung dengan aplikasi program pembukuan yang dapat membantu kerja salesman lebih cepat dan informasi terutama stok selalu update saat ada pelanggan menanyakan.

Salah satu program digital yang dapat menunjang kinerja salesman dilapangan adalah ACCURATE Online dan Aplikasi Accurate Lite

Bagaimana sales kanvas kelola transaksinya di Accurate Lite

Fitur penjualan.
Memudahkan bagi sales di lapangan dalam melakukan transaksi penjualan dan cetak nota

Fitur pembelian
Salesman dilapangan bisa langsung melakukan transaksi pembelian yang bisa diinput ke accurate lite nya

Fitur biaya biaya
Selain fitur penjualan dan pembelian accurate lite juga bisa melakukan transaksi biaya harian

Fitur persediaan
Stok akan otomtis update jika ada transaksi penjualan dan pemblian

Laporan keuangan
Salesman juga bisa langsung melihat laporan laporan keuangan secara ringkas, namun disini pihak user bisa dibatasi aksesnya laporan apa saja yang bisa dilihat.


Bagaimana cara mengaktifkan accurate lite di hp/tablet

Di accurate online lakukan :
Tambahkan user salesman sebagai pengguna accurate online
Setting karyawan. Setting karyawan di accurate online sebagai dan aktifkan modul sebagai penjual

Di accurate lite, lakukan :
Install accurate lite. 
Download terlebih dahulu Accurate Lite melalui playstore dan instal pada hp/tablet user salesman
Login ke accurate lite sesuai login accurate onlinenya
pilih database mana akan dijalankan


Informasi terkait accurate lite klik DISINI



Accurate Online sebagai back office pembukuan memiliki fitur yang sudah lengkap dan terintegrasi dengan aplikasi accurate lite.
Transaksi yang diinput di accurate lite maka secara otomatis akan masuk ke accurate online sebagai back office.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program accurate lite maupun accurate software, permintaan presentasi produk baik secara visit maupun online, konsultasi versi accurate yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, langsung saja hubungi Marketing Firdaus 
sebagai partner resmi penjualan Accurate Software


081703354372


Firdaus merupakan salah satu marketing senior di accurate software yang sudah berpengalaman lebih dari 14 tahun menghandle berbagai jenis usaha baik itu perusahaan trading, jasa, distributor, grosir, retail, pekerjaan proyek, kontraktor bahkan hingga perusahaan manufaktur.








Minggu, 09 Maret 2025

Tips Jitu Memulai Bisnis Hampers bagi Pemula



Bisnis hampers mulai banyak diminati bagi para pebisnis pemula, meskipun bisa dibilang bisnis ini musiman namun masih banyak yang menggelutinya dengan berbagai inovasi sehingga tidak harus menunggu momen tertentu misal di hari raya, hari natal, ulang tahun, chene new year. Namun diera mileniel sekarang ini banyak moment lain yang bisa memberikan hampers misal di hari ulang tahun, pernikahan, hadiah buat keluarga atau kerabat dan relasi bisnis.

Dari sinilah para milenial memulai bisnisnya dengan bisnis hampers yang sangat menjanjikan sebagai income tambahan ataupun sebagai bisnis utama.

Berikut beberapa tips jitu untuk memulai bisnis hampers terutama bagi pebisnis pemula

1. Tentukan target pasar dan jenis hampers
Tentunya dalam setiap menjalankan bisnis harus menentukan pasar yang akan dijadikan target bisnisnisnya, termasuk dalam bisnis hampers, kalangan milenial, ibu rumah tangga, kalangan pebisnis, profesional, wisudawan.
Karena menentukan target pasar ini kaitannya juga dengan jenis hampers yang akan dijalankan apakah berupa kue kering, kue tart, bingkisan skin care, herbal,buket bunga dan jenis bingkisan hampers lainnya.

2. Modal awal bisnis
Modal awal tentunya perlu disiapkan sesuai kebutuhan awal untuk memulai sebagai alat promosi, alat alat operasional pendukung.
Selain itu Anda bisa menerapkan sistempre-order dimana pelanggan melakukan pemesanan hampersnya dan melakukan pembayaran terlebih dahulu atau sebagai uang muka. Jadi disini bisa dijadikan sebagai modal untuk memulai order pesanan hampers yang masuk. 
Jadi modal disini bisa disesuaikan dengan harga paket hampers nya sebagai pembayaran didepan atau uang muka pemesanan.

3. Cari vendor terpercaya dan sesuai barangnya
Tentunya akan banyak barang yang akan dibutuhkan dengan demikian tentunya juga akan membutuhkan vendor yang lebih banyak disesuaikan dengan kebutuhan bingkisannya.
Carilah vendor yang terpercaya, menyediakan barang yang dibutuhkan dan harga yang relatif lebih murah namun barang yang tentunya berkualitas.

Pastikan memilih vendor yang :
  • Bertanggung jawab terhadap kualitas produk dan bisa memenuhi tenggat waktu pengiriman.
  • Layanan bagus dengan customer service yang bisa support pemesanan Anda dengan baik.
  • Harga murah dan bersaing sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan saat penjualan.
  • Supplier bisa menjamin kualitas produk tetap terjaga dengan baik.
4. Tentukan kemasan dan isi hampers
Kemasan akan menentukan tampilan visual hampers, jadi harus memiliki konsep yang tepat sesuai tema sehingga memberikan kesan yang baik bagi pelanggan, dengan penampilan yang unik, estetik dan menarik dan tentunya juga sesuaikan dengan trend saat itu.
Selain kemasan juga isi sangat menentukan dan harus sesuai dengan tema apa hampers tersebut akan diserahkan.

5. Menentukan harga jual dan harga modal
Tentunya semua pengeluaran yang dialokasikan pada hampers pesanan pelanggan harus dihitung secara detail terperinci, karena nilai pengeluaran ini akan menentukan harga jual yang akan disampaikan pada pelanggan.
Dan yang menjadi pertimbangan haruslah mengetahui harga pasar umum atau juga bisa menjelajahi marketplace untuk mengetahui kisaran harga jual dan menentukan harga modalnya. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah juga harus mengetahui daya beli pelanggan, makanya diawal sudah harus mengetahui target pasar bisnis Anda.

6. Buat strategi pemasaran
Startegi dalam pemasaran sangat dibutuhkan , manfaatkan keluarga, teman dekat, teman kantor untuk membantu memasarkan bisnis hampers anda. Sebar brosur dan katalog untuk memperkenalkan produk produk yang dipasarkan.
Selain itu juga manfaatkan media sosial disemua platform untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.
Dan bergabung dengan ecommers berjualan secara online untuk memudahkan pelanggan menakses produk produk yang anda pasarkan.

7. Menggunakan program pembukuan
Tentunya dengan adanya program pembukuan digital akan sangat membantu dalam merapikan bisnis anda. Mulai dari pencatatan order, pembuatan nota, pembelian bahan baku, proses produksi atau perakita, atau kemasan yang dapat secara otomatis menentukan hpp produk.
Sampai menghasilkan laporan laporan keuangan secara lengkap.


Terkait program pembukuan digital yang dapat membantu bisnis hampers program terbaik dan terpercaya adalah Accurate Online.


Accurate Online merupakan program pembukuan yang memiliki modul sudah lengkap, saling terintegrasi antar modulnya dan sudah auto posting jurnal. Dengan demikian akan menghasilkan laporan laporan keuangan secara lengkap, update realtme cepat, tepat dan akurat.

Selain modul yang sudah lengkap Accurate Software sudah bisa integrasi dengan marketplace atau e-commers seperti bukalapak, tokopedia, shopee, lazada dan tiktok sehingga memudahkan bagi perusahaan untuk mengontrol penjualan ditoko online shop nya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program accurate software, permintaan presentasi produk baik secara visit maupun online, konsultasi versi accurate yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, langsung saja hubungi Marketing Firdaus 
sebagai partner resmi penjualan Accurate Software


081703354372


Firdaus merupakan salah satu marketing senior di accurate software yang sudah berpengalaman lebih dari 14 tahun menghandle berbagai jenis usaha baik itu perusahaan trading, jasa, distributor, grosir, retail, pekerjaan proyek, kontraktor bahkan hingga perusahaan manufaktur.