Bisnis onlineshop banyak diminati bagi pebisnis pemula, dikarenakan bisnisnya tidak terlalu ribet. Misalnya tidak dibutuhkan tempat khusus sebagai counter atau toko karena bisa dilakukan dirumah dan tidak membutuhkan tempat terlalu besar. Tidak membutuhkan modal yang besar dan banyak alasan lain yang membuat bisnis onlineshop ini banyak diminati.
Sebenarnya menjalankan bisnis onlineshop tidaklah terlalu sulit, namun tetap dibutuhkan adanya strategi untuk bisa memenangkan persaingan pasar, bagaimana cara melakukan strategi penjualan online shop terutama bagi pebisnis pemula, berikut tips penjualan onlineshop bagi pemula.
1. Menentukan produk yang akan dijual
Tentunya sebelum memulai bisnis harus sudah memiliki gambaran akan produk apa yang akan dipasarkan. Dalam menentukan produk disini harus memilih produk yang tepat dengan pertimbangan yang sudah matang, adapun yang harus dilakukan dalam menentukan produk berdasarkan :
- Sesuai minat. Tentunya pilihan produk yang akan dipasarkan adalah produk yang banyak diminati oleh pasar, atau berdasarkan hobi. Dengan demikian akan pasar akan lebih senang karena sesuai minat yang dicari.Misalkan alat kecantikan, sckin care, pakan dan aksesoris phetshop dan lain sebagainya.
- Sesuai trend. Produk apa yang lagi trend dipasar, jika sudah lagi trand pasti akan banyak yang mencari nya. Misalkan makanan ringan, minuman ringan dan banyak macam lainnya.
2. Menentukan unique salling point
Bagi pebisnis tentunya harus menentukan unique selling point apa yang ada di produk yang dijual, dengan unique selling point ini produk yang dijual harus memiliki ciri khas khusus atas produknya, tentunya ciri khusus ini tidak dimiliki oleh produk kompetitor lainnya. Dengan keunikan ini akan menjadikan daya tarik tersendiri. Bisa jadi produk yang memiliki ciri unik khusus ini hanya untukmenargetkan pangsa pasar tertentu karena lebih spesifik.
3. Membuat website toko
Dengan adanya website tentunya akan lebih meningkatkan kredibilitas toko online, dengan demikian akan semakin membuat toko semakin lebih dipercaya, karena website mewakili perusahaan dalam menyampaikan informasi terkait toko online shopnya terutama terkait dengan produk yang dijual.
Karena kebiasaan dari customer sebelum melakukan transaksi pembelian tentunya akan mencari terlebih dahulu melalui google atas kebutuhan produknya, dengan adanya website akan lebih mudah muncul saat terjadi pencarian pastinya tergantung dari kata kunci websitenya.
4. Berjualan di marketplace atau e-commers
Salah satu pasar yang banyak dikunjungi oleh masyarakat untuk bekanja online adalah marketplace atau e=commers. Bagi para pebisnis juga harus aktif melakkukan penjualan dan promosi di marketplace.
Ada beberapa marketplace yang bisa dijadikan sebagai toko online, semakin banyak semakin baik dikarena para pembeli pasti melakukan perbandingan antar toko online yang memili produk yang dibutuhkan. Tentunya pelayanan akan menjadi tujuan utama pembeli untuk memilih produknya.
5. Aktif di media sosial dan memanfaatkan adds media sosial
Salah satu media promosi yang paling ampuh adalah media sosial, info terkait produk produk baru, promo promo harus sering ditampilkan pada media sosial. Terutama sering membuat kontent kontent yang menarik yang berkaitan dengan produk yang dijual.
Salah satu bentuk promosi di media sosial adalah fitur ads di media sosial biasanya di instragram, tiktok, twiters., cara ini akan lebih efektif karena bisa menentukan wilayah pasar, usia pangsa pasar dan lain sebagainya. Jadi dengan demikian akan lebih fokus dalam menyasar pasar yang diharapkan dan tentunya sesuai dengan produk.
6. Buat nama toko yang menarik
Nama toko juga akan mempengaruhi minat pembeli untuk singgah di toko anda. Tentu para pebisnis sudah lebih paham dalam menentukan nama untuk toko online, misal midah diingat, unik, identik dengan produk dan banyak acuan lainnya.
7. Kelola keuangan dengan baik
Dalam menjalankan bisnis yang tidak boleh dihindari adalah kelola keuangan dengan baik, dengan adanya pembukuan atas bisnis yang dijalankan akan menjadi acuan untuk jalannya bisnis kedepan.
Baca juga artikel : Waktu yang tepat untuk beralih ke Pembukuan Digital
Mulai dari pencatatan nota yang rapi, pencatatan pengeluaran biaya harian, keluar masuknya uang harus dikelola dengan baik, dan tentunya adanya laporan keuangan seperti laba/rugi, arus kas bisnis, neraca. Karena dengan adanya laporan keuangan lengkap sangat membantu jika bisnis akan menjadi go public atau membutuhkan dana sebagai suntikan modal.
Itulah tips untuk memulai bisnis toko online shop bagi pebisnis pemula. Dalam menunjang bisnis online shop tentunya dibutuhkan adanya program pembukuan berbasis digital. Dengan adanya program pembukuan digital akan sangat memudahkan dalam mengelola keuangan bisnis mulai dari pembuatan nota, histori uang masuk, histori uang keluar, kelola stok hingga laporan laporan keuangan.
Program terbaik yang cocok untuk bisnis online shop adalah ACCURATE Online
Accurate Online merupakanprogram pembukuan berbasis cloud webbased yang miliki fitur yang lengkap, saling terintegrasi antar modulnya, auto posting jurnal. Dengan demikian akan menghasilkan laporan laporan keuangan lengkap secara update realtime, cepat, tepat dan akurat.
Selain modul yang sudah lengkap Accurate Software sudah bisa integrasi dengan marketplace atau e-commers seperti bukalapak, tokopedia, shopee, lazada dan toktok sehingga memudahkan bagi perusahaan untuk mengontrol penjualan ditoko online shop nya.
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program accurate software, permintaan presentasi produk baik secara visit maupun online, konsultasi versi accurate yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, langsung saja hubungi Marketing Firdaus sebagai partner resmi penjualan Accurate Software
081703354372
Firdaus merupakan salah satu marketing senior di accurate software yang sudah berpengalaman lebih dari 14 tahun menghandle berbagai jenis usaha baik itu perusahaan trading, jasa, distributor, grosir, retail, pekerjaan proyek, kontraktor bahkan hingga perusahaan manufaktur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar