Selasa, 02 April 2024

Strategi Bisnis Tetap Untung dan Penjualan Tidak Drop Pasca Lebaran



Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah terutama bagi ummat muslim yang menjalankannya. Namun keberkahan bulan Ramadan tidak hanya dalam hal ibadah namun juga berkah bagi para pelaku bisnis menjelang ramadan, dibulan ramadhan hingga hari lebaran atau hari Raya Idul Fitri.
Pada periode inilah merupakan potensi meningkatnya omset bagi perusahaan dengan meraup keuantungan yang besar, karena di periode inilah daya beli masyarakat meningkat.
Tapi tidak halnya pasca lebaran daya beli masyarakat sudah menurun, sehingga banyak pelaku bisnis mengalami penurunan omset keuntungan.

Berikut adalah strategi atau tips bagi pelaku bisnis agar tetap dapat untung dan tidak drop pasca lebaran

Evaluasi penjualan 
Lakukan evaluasi atas penjualan yang terjadi selama periode ramadan hingga hari lebaran, produk yang paling laris hingga paling sedikiti peminatnya, analisa promo apa yang paling banyak diminati, hingga omset selama periode tersebut.
Dari sini bisa diambil keputusan apa yangharus dilakukan untuk pasca lebaran, strategi apa yang efektif untuk diterapkan pasca lebaran agar penjualan tetap ada dan omset tetap terjaga.


Buat promo menarik
Promo merupakan strategi penjualan yang paling diminati bagi para pelanggan, buatlah promo tambahan pasca lebaran untuk produk yang masih terkait dengan suasana lebaran ataupun produk lain yang lagi trend pasca lebaran.

Keluarkan produk baru
Selain tetap mempromosikan produk lama, pastikan pelaku bisnis juga mengeluarkan produk baru yang bisa menjadi trend pasca lebaran. Dan aktif memasarkan melalui media sosial serta aktif membuat konten atas produk barunya tersebut.

Strategi Bundling 
Melakukan penjualan produk yang kurang laku dengan cara diberikan promo khusus atau juga dibuat item paket atau bundling antara barang yang kurang laku dengan barang yang laku, tujuan bundling disini adalah untuk menghabiskan stok barang barang yang kurang laku.

Maksimalkan media sosial
Media sosial merupakan media untuk interaksi dengan pelanggan secara luas untuk tetap mempertahankan pasar pasca lebaran, sebagai informasi bahwa barang masih tersedia, stok aman dan promo masih berlaku pasca lebaran.
Diera digital ini peran media sosial sangatlah penting untuk menunjang market yang lebih luas menjangkau pelanggan tiada batas.


Menggunakan program pembukuan
Program pembukuan disini bertujuan untuk mencatat semua transaksi penjualan harian dan bulanan. Disaat pasca lebaran ini dapat diambil data secara update realtime penjualan selama ramadan hingga lebaran kemaren sebagai bahan analisa barang mana saja yang laris terjual dan barang mana saja yang penjualannya lambat. Dengan demikian pihak managemen bisa segera mengambil keputusan 

Penurunan penjualan dan sepinya pengunjung pasca lebaran memang tidak bisa dihindari, karena itulah Anda diharuskan membuat strategi marketing yang tepat untuk menghadapi masa pasca lebaran tersebut. Dengan strategi diatas diharapkan dapat membantu Anda pelaku bisnis agar bisnis tetap dapat  untung dan penjualan tidak drop pasca lebaran.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait program pembukuan digital yang tepat bagi bisnis Anda hubungi kami Mitra Aplikasi Bisnis sebagai partner resmi penjualan accurate software

atau hubungi 

081703354372

Baca juga artikel lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar