Sabtu, 05 Maret 2016

Memilih Software Akuntansi Yang Baik




     Pada zaman modern seperti sekarang ini keberadaan Software Akuntansi merupakan suatu kebutuhan yang sangat mendesak bagi setiap Perusahaan mengingat persaingan bisnis yang semakin tinggi dan dibutuhkan pencatatan transaksi yang sangat cepat dan untuk menghasilkan laporan keuangan Perusahaan yang cepat, tepat dan akurat.
Software Akuntansi ini sebagai alat bantu untuk memudahkan dan mempercepat tugas tugas administrasi dan pembukuan Perusahaan.

Jika digambarkan adalah sebagai berikut
Alur pencatatan sebelum menggunkan Software Akuntansi
Alur setelah menggunakan Softwaare Akuntansi

Software Akuntansi pada dasarnya adalah tolls sebagai alat bantu input dan output secara otomatis, Software Akuntansi mengolah sehingga menghasilkan laporan saat itu juga. Bayangkan bila proses tersebut dilakukan secara manual, sangat menyita waktu dan membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Dengan Software Akuntansi akan sangat mempermudah itu semua, menghemat waktu dan aktual serta meminimalisir tingkat kesalah akibat kesalahan dari user.

Pada kesempatan ini akan kami paparkan beberapa kriteria untuk memilih Software Akuntansi yang bagus dan layak untuk diimplementasikan di Perusahaan sehingga memiliki nilai investasi yang tinggi, adalah sebagai berikut :


  1. Identifikasi kebutuhan Perusahaan. Seberapa jauh kebutuhan yang akan diaplikasikan ke Software Akuntansi, apakah hanya sebatas pada pencatatan saja atau harus terintegrasi semua transaksi hingga menghasilkan sebuah laporan keuangan.
  2. Latar Belakang dan Eksistensi Pengembang/Produsen Software Akuntansi. Cara mengetahui pengembang yang dipercaya tidak mesti dilihat dari iklannya tetapi bisa dilihat dari track reccord-nya selama ini, sudah berapa lama menjalankan bisnis yang sama atau sudah berapa lama software ini dikembangkan, sudah berapa perusahaan yang menggunakan, sudah berapa banyak Perusahaan/user yang memakai, dan pertanyaan-pertanyaan serupa dengan itu. Perkembangan softwarenya, Software Akuntansi yang baik tentunya juga harus lentur dalam mengikuti perkembangan teknologi perangkat lunak hingga perangkat keras. Kemungkinan berkembangnya usaha yang dibangun akan derdampak pada berkembangnya seluruh aspek pendukung termasuk software akuntansinya. Jangan sampai kita harus berganti software di tengah jalan. 
  3. User Friendly mudah dipelajari dan diimplementasikan. User friendly merupakan  kriteria bagi user/pengguna, semakin user friendly akan semakin nyaman mengoperasikan software akuntansi. Selain itu juga desain sistem yang baik, tutorial help yang baik dan lengkap bila perlu tersedia juga tutorial dalam bentuk video sehingga akan semakin mempermudah dalam mempelajari software akuntansi tersebut selain dari adanya trainer yang baik pula.
  4. Software Akuntansi Customze atau Software Akuntansi Paket. Dalam hal ini software akuntansi ada dua mekanisme. Yang Pertama adalah software akuntansi Customize, dimana software ini akan mengcustomize sesuai dengan kebutuhan calon pengguna,apa yang diinginkan akan dibuatkan. Namun hal ini kelemahannya adalah dibutuhkannya waktu yang lama untuk mengembangkan sistemnya dan membutuhkan dana investasi yang tidak sedikit. Yang Kedua adalah software akuntansi paket jadi, dimana software akuntansi yang jenis ini adalah sistem yang sudah jadi tidak bisa dicustomize lagi sehingga dengan demikian calon pengguna tidak bisa mengcustome lagi software nya dan paling tidak alur dari Perusahaan harus mengikuti sistem yang sudah tertata dan biasanya software akuntansi ini sudah mengikuti alur Perusahaan standart umum.
  5. Sesuai dengan budget yang tersedia. Membeli software akuntansi adalah investasi panjang biaya yang dikeluarkan didepan(sekarang) untuk kepentingan jangka panjang dan kebutuhan panjang. Ini merupakan sesuatu y ang sangat penting karena seberapapun cocoknya software akuntansi tersebut kalau seandainya budget nya tidak mencukupi maka software akuntansi tersebut tidak bisa dibeli untuk diaplikasikan di Perusahaan.

Setelah menentukan Kriteria memilih Software Akuntansi yang cocok bagi calon pengguna Software Akuntansi ACCURATE Accounting Software lah yang memenuhi semua kriteria tersebut.


Accurate Accounting Software rajanya software akuntansi berbasis destop. Accurate software akuntansi berdiri sejak 1998 Accurate Software Akuntansi Versi 1 hingga sekarang Accurate Software Akuntansi Versi 5 dan bahkan saat ini sudah dikembangkan Accurate software akuntansi berbasis online atau Accurate software akuntansi berbasis cloud atau Accurate software akuntansi berbasis webbased.
Accurate Accounting Software melakukan perkembangan secara berkala mengikuti kebutuhan Akuntansi Indonesia dan Peraturan Perpajakan Indonesia dan masukan masukan dan sumbangan pemikiran pengguna accurate yangn terlebih dahulu menggunakan Accurate Software Akuntansi. Hingga saat ini Accurate Software Akuntansi sudah digunakan lebih dari 80.000 pengguna di seluruh Indonesia.

Perusahaan pengguna Accurate Software juga didukung oleh ribuan tenaga kerja siap pakai lulusan dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia yang telah mengadopsi Accurate Software Akuntansi sebagai standart software lab akuntansi.
Berikut adalah beberapa Perguruang tinggi mitra Accurate:
Jakarta. FE Univ.Indonesia, Trisakti School of Management, FE Univ.Trisakti, FE Univ.Mercu BuanaBakrie School of Management dll.
Yogyakarta. Akademi Akuntansi YKPN
Surabaya. Univ.Airlangga, Univ.Kristen Petra, ITS, Univ.Ciputra, Univ.Katolik Widya Mandala, dll
Malang. Univ.Brawijaya
Bandung. Univ.Widyatama, FE Univ.Katolik Parahyangan
dan masih banyak lagi di kota kota besar lainnya di Indonesia.


Untuk mengetahui Produk dari Accurate Software Akuntansi silahkan kunjungi link berikut:


dan untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi :



accurate berbasis online, accurate berbasis webbased, accurate berbasis cloud, accurate software, accurate online, accurate web based, accurate cloud, accurate software, accurate software akuntnasi, accurate surabaya, accurate palu, accurate makassar, accurate banjarmasin, accurate kupang, accurate lombok, accurate batam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar