Senin, 30 Oktober 2017

SOLUSI ACCURATE LAMBAT PADA KOMPUTER

Solusi ACCURATE Lambat pada Processor Dual Core

Untuk mengatasi masalah ACCURATE lambat/hang yang kemungkinan terjadi pada processor Dual Core dapat dilakukan dengan cara mengubah settingan Default Firebird dari Super Server menjadi Classic Server.
Mengubah settingan Default Firebird dapat dilakukan dengan cara:
1. Sebelum mengubah settingan Default Firebird, pastikan semua user menutup program Database ACCURATE (Log Out dari program ACCURATE);
2. Setelah semua user log out dari program ACCURATE, Anda dapat melakukan perubahan settingan default Firebird pada komputer server dengan cara:
a. Klik kanan start | Explorer | Program File\ Firebird \ Firebird_1_5 \ bin
b. Ubah settingan default Firebird ke Server Classic dengan cara double klik Set Server_Classic.bat.
3. Setelah Default Firebird di setting ke Server Classic, Anda sudah dapat membuka database ACCURATE seperti biasa.
4. Jika Anda ingin mengembalikan tampilan Settingan Default Firebird ke Super Server, dapat dilakukan dengan cara double clik pada Set Server_Super.bat.
Informasi tambahan : Install ulang program ACCURATE di komputer server yang Default Firebirdnya telah di ubah ke ServerClassic.bat akan mengembalikan settingan Default Firebird ke Super Server.



Solusi ACCURATE lambat

ACCURATE lambat dapat diatasi dengan (solusi dibawah tidak harus dilanjutkan ke solusi berikutnya jika telah berhasil lebih cepat) :
  1. Non Aktifkan fasilitas “Auto Refresh Data on Tables Mudule” dari menu Setup | Preferences | Miscellaneous.
  2. Perbesar Virtual Memory baik Server maupun Client dari Properties My Computer dibagian Advance, buat Initial / Minimum dan Maximum menjadi 2 kali lipat dari RAM yang digunakan.
  3. Backup data kemudian lakukan Restore backupan data tersebut dengan nama berbeda, kemudian coba akses data tersebut.
  4. Lakukan Repair data dari menu File | Repair dalam kondisi data tidak ada yang sedang terbuka, tentukan alamat data yg akan direpair.
  5. Copy data (.GDB) dari komputer server ke komputer lain yg performancenya juga bagus / performancenya nomor 2 dari server, lalu coba akses dari komputer tersebut, apakah masih lambat ?
  6. Jika server menggunakan Processor Dual Core, gunakan Firebird Classic, klik disini untuk cara merubah Firebird Super Server ke Classic.
  7. Matikan Startup programs dari MSCONFIG, dari Start menu | Run, ketikkan msconfig lalu ke halaman Startup, klik button Disable All , jika ada program yang dibutuhkan silakan dicentang manual. Setelah itu Restart komputer dan coba kembali. Lakukan baik di server maupun client.
  8. Matikan system Restore di WinXP, dari Control Panel | System, dihalaman System Restore, centang option “Turn off System Restore on all drives” . Lakukan di server maupun client.
  9. Install ulang TCP / IP dan remove Winsock di Server dan Client. Jika anda menggunakan ACCURATE versi 3.2.0.1315 keatas, di alamat program ACCURATE diinstal terdapat document cara Install TCP / IP dan Winsock (biasanya ada di alamat c:\Program Files\cpssoft\Accurate3\server not ready.doc).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar