Minggu, 09 Februari 2014

Expert Tips: Menampilkan Nilai Gross Profit dan % Gross Profit Per Invoice

Expert Tips: Menampilkan Nilai Gross Profit dan % Gross Profit Per Invoice


Jika user ingin mengetahui berapa Gross profit dari penjualan yang sudah mereka input per masing2 Invoice dan juga berapa prosentase Gross Profitnya. Apakah mereka mengalami laba atau malah rugi? Report tsb dapat diperoleh dari  Report Sales by Customer Detail.  Langkah2nya sebagai berikut:
  1. Pilih menu Report | Index to Report | Sales  Report | Sales by Customer Detail, filter tanggal report yang diinginkan lalu klik Ok.
  2. Klik Modify di report tsb akan muncul tampilan Report Format. Pilih Available coloumnkemudian doble  klik di bagian Calculated Field 1
  3. Masih di tampilan Report Format pilih Coloumn & Filter dan di tab Selected coloumn & Filter centang untuk COGS Amount, Gross Profit dan Calculated Field 1.
  4. Klik sekali di kolom  Calculated Field 1  kemudian klik kanan pilih Edit Coloumn Title, rename menjadi % Gross Profit.
  5. Di samping Calculated Field 1  terdapat  kotak kosong tambahkan rumus untuk  % Gross Profit nya dengan cara memilih Variable Gross Profit kemudian geser ke bawah ke bawah menggunakan tanda panah warna merah lalu di kotak kosong tsb ketik tanda / dan pilih lagi bagian Coloumn Filter untuk variable Amount. Sehingga tampilan di kotak kosong tsb akan terisi dengan:
  GET_SALESPERSONPERINVOICE.GROSSPROFIT]/[GET_SALESPE RSONPERINVOICE.SALESAMOUNT]
6.  Kemudian klik Ok sehingga di report tsb akan muncul kolom tambahan yaitu   Gross Profit dan % Gross Profit. Pada report tsb  dapat dilihat juga Invoice mana yang Gross Profitnya lebih rendah atau lebih tinggi.
Berikut ini capture modify Reportnya:
Selanjutnya klik Memorized pada report tsb, isi nama report Memorizenya dan klik Save.  Kemudian  jika ingin melihat report yang sudah dimodifikasi lakukan dari menu Report | Memorized Report, doble klik di nama report yang sudah di memorized tadi.

Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar